Kenaikan UMK Tak Mempengaruhi Iklim Investasi Jawa Timur

Setelah menulis di blog satunya terkait kenaikan upah minimum kota 2014, saya coba cari berita imbasnya bagi iklim industri dan investasi di Jawa Timur. Lah kok ndilalahnya malah ketemu yang positif begini. Jawa Timur keren ternyata. Meski mudah-mudahan bukan isapan jempol belaka.


Suara Surabaya, 24/12, mengupas bahwa kenaikan UMK tahun 2014 ternyata tak mempengaruhi iklim investasi di Jawa Timur, pernyataan ini keluar dari Diah Wahyu Ermawati, Kepala Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi Badan Penanaman Modal Jawa Timur yng mengatakan bahwa ada 133 proyek baru masuk ke Jatim dengan total nilai 67,6 Triliun rupiah.

Angka ini tentu sangat besar bagi Jawa Timur di tengah isu relokasi pabrik dari ring 1 ke ring 2, meski ini juga menjawab spekulasi bahwa akan ada industri pengganti  yang terletak di ring 1 dari mereka yang pindah ke ring 2 dan 3.

Menurut Diah, bahwa Jawa Timur masih menjadi primadona bagi investor asing untuk masuk karena infratrukturnya lebih memungkinkan dan menjanjikan bagi mereka daripada propinsi lain. Sehingga kenaikan UMK tidak akan berdampak signifikan bagi geliat industri di Jawa Timur.

Wow, semoga demikian. Amin.

0 Response to "Kenaikan UMK Tak Mempengaruhi Iklim Investasi Jawa Timur"

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts